RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Rabu, 23 November 2011


Satuan Pendidikan      : MAN Cimahi
Kelas                           : X
Semester                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Jenis Teks                    : Transaksional dan Interpersonal Text
Keterampilan               : Berbicara (speaking)
Alokasi Waktu            : 2x40 menit

  1. STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
  1. KOMPETENSI DASAR
Berbicara
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) & interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: membuat janji, menerima janji, dan menolak atau membatalkan janji.



  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat:
1.      Mengungkapkan pola-pola membuat janji.
2.      Mengungkapkan pola-pola menyetujui janji.
3.      Mengungkapkan pola-pola menolak atau membatalkan janji.
4.      Mengimplementasikan pola-pola membuat janji dalam tindak tutur sederhana dengan santun.
5.      Mengimplemetasikan pola-pola menyetujui janji dalam tindak tutur sederhana secara bersahabat.
6.      Mengimplementasikan pola-pola menolak atau membatalkan janji dalam tindak tutur sederhana dengan jujur.
  1. MATERI PEMBELAJARAN
1.      Expression
Ø  Making an appointment
-          I’d like to make an appointment with ... please.
-          I’d like to schedule a meeting with ....
-          I’d like to book an appointment to see ..., please.
-          Could I schedule a time to meet with ...?
-          What time is best for you?
-          When would be a good time for you?
-          Would 9.00 on ... be okay?
-          He’ll be on ....
-          Will ... be in tomorrow?
-          Is ... available next ...?
-          How about ... at ...?
Ø  Accepting an appointment
-          Okay.
-          Yes, that would be just fine.
-          Thursday at 10.00 will be fine.
-          Friday at 11.00 sounds good.
-          Okay. Tuesday morning at 9.
-          I’ll see you at ....
Ø  Declining an appointment
-          Monday at 8.00 is not good for me.
-          ... will be out on ....
-          Sorry, her calendar is full on ....
-          ... doesn’t have time on ....
-          Wednesday is not possible.
2.      Grammar
Ø  Tense: Simple Future Tense ‘will/shall’
Ø  Verbs: Book, make, schedule.
3.      Vocabulary
Ø  Times
Ø  Days
Ø  Places
  1. METODE PEMBELAJARAN
Three-phase Technique
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
a.       Berdoa bersama.
b.      Guru menyapa siswa (greeting).
c.       Guru mengecek kehadiran siswa.
d.      Guru memberi motivasi.
e.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
a.       Guru bertanya kepada siswa tentang membuat janji (making appointment):
-          Have you ever made an appointment with your friend?
-          What kind of appointment have you made with him/her?
-          Did your friend accept the appointment or not?
-          What did you say if you accept an appointment?
-          What did you say if you cancel the appointment?
b.      Guru meminta siswa menceritakan pengalamannya membuat janji dengan seseorang.
Elaborasi
a.       Guru membagikan lembar kerja pada siswa.
b.      Siswa secara berpasangan mengisi dialog rumpang dengan kata-kata yang telah disediakan.
c.        Siswa secara berpasangan mengisi soal yang berkaitan dengan dialog.
d.      Siswa  secara berpasangan mempraktekkan dialog tersebut di depan kelas.
e.       Guru membenarkan pelafalan siswa yang kurang tepat.
Konfirmasi
a.       Guru dan siswa mencocokkan pola-pola ungkapan membuat janji, menerima janji dan menolak atau membatalkan janji pada dialog yang telah dikerjakan pada kegiatan elaborasi.
b.      Guru menegaskan tentang pola-pola ungkapan membuat janji, menerima janji dan menolak atau membatalkan janji.
3.      Kegiatan Akhir (10 menit)
a.       Guru menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran.
b.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
c.       Guru memberikan penugasan kelompok untuk membuat dialog sederhana tentang membuat janji (making appointment).
d.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


  1. SUMBER BELAJAR
Widiati, Utami. (2009). English SMA/MA Grade X. Jakarta: Bumi Aksara.
Gambar-gambar yang relevan.
  1. PENILAIAN
1.      Indikator Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.      Menyebutkan ungkapan-ungkapan membuat janji dengan santun, menerima janji secara bersahabat dan menolak atau membatalkan janji dengan jujur.
Tes lisan
Responding
Lampiran 1
2.      Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan dengan percaya diri.
Unjuk kerja
Role-play
Lampiran 2






2.      Rubrik Penilaian
a.       Berbicara
No
Uraian
Predikat
Skor
1-2
Lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar.
Great
86-100
Kurang lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar.
Good
71-85
Kurang lancar, ada kesalahan tata bahasa dan kosa kata, pengucapan kurang sempurna.
Okay
56-70
Tidak lancar, banyak kesalahan tata bahasa dan kosa kata, banyak kesalahan pengucapan.
Poor
≤ 55

b.      Observation Checklist Karakter
No
Indikator Karakter
Nilai Kualitatif
Keterangan
1.
Kesantunan



a.       Banyak menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb)
MK
Membudaya Konsisten

b.      Beberapa kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb)
MB
Mulai Berkembang

c.       Satu dua kali menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb)
MT
Mulai Terlihat

d.      Tidak pernah menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb)
BT
Belum Terlihat
2.
Bersahabat



a.       Sering menggunakan ungkapan kebersahabatan (yes, of course my friends, dsb)
MK
Membudaya Konsisten

b.      Beberapa kali menggunakan ungkapan kebersahabatan (yes, of course my friends, dsb)
MB
Mulai Berkembang

c.       Satu dua kali menggunakan ungkapan kebersahabatan (yes, of course my friends, dsb)
MT
Mulai Terlihat

d.      Tidak pernah menggunakan ungkapan kebersahabatn (yes, of course my friends, dsb)
BT
Belum Terlihat
3.
Percaya diri



a.       Berbicara tanpa ragu-ragu, ada kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tenang
MK
Membudaya Konsisten

b.      Berbicara sedikit ragu-ragu, beberapa kali menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar
MB
Mulai Berkembang

c.       Sering ragu-ragu, sering menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh kurang tenang dan wajar
MT
Mulai Terlihat

d.      Berbicara ragu-ragu, menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tidak tenang dan tidak wajar
BT
Belum Terlihat
c.       Instrumen Penilaian
Lampiran 1
Task 12 Study the dialogue below, and then act it out with your friend.
Tini
:
Capital Theatre. Can I help you?
Anita
:
Yes. I’m asking if “The Adventure” is still showing tonight.
Tini
:
Yeah. Tonight is the end of the show.
Anita
:
Can I book for a 7 pm show, please?
Tini
:
Yes, you can. How many persons are watching?
Anita
:
Three, please.
Tini
:
Alright. May I know who’s calling and what’s your phone number, please?
Anita
:
Sure. Anita. My phone number is 4356743.
Tini
:
Thanks, but you have to pick up the tickets 15 minutes before the show time, okay?
Anita
:
I’m sure that I’ll be there a half an hour before the show time. Thank you very much. Bye.
Tini
:
Bye. See you then.
Lampiran 2
With a partner, role play making a telephone to your friend to tell him/her that you will spend your weekend in the mountain at your aunt’s bungalow. He/she agrees to go with you. Tell him/her what time you will go, where you will meet before you go, what you will do while you are at the bungalow.
d.      Lembar penilaian
1)      Berbicara
No
Nama
Predikat
Skor
1
Susan Nur Aqidah


2
Yayat Nurhayati


4
Weni Warohmah


...





2)      Lembar pengamatan karakter
No
Nama
Karakter
Keterangan
Kesantunan
Bersahabat
Percaya Diri
1
Susan Nur Aqidah




2
Yayat Nurhayati




4
Weni Warohmah




...





3)      Lembar evaluasi diri karakter kejujuran
Contoh self-assessment
Day/date           :__________________________________________
Name                :__________________________________________
Class                 :__________________________________________
Student’s No    :__________________________________________

Statements
Always
Sometimes
Never
I honestly:



Make an appointment



Accept an appointment



Decline an appointment



4)     Honesty Checklist on Obedience in Social Norms
Day/date           :__________________________________________
Name                :__________________________________________
Class                 :__________________________________________
Student’s no     :__________________________________________
Read the statements and put a tick in the appropriate box
No
Statements
Never
Seldom
Often
1
I cheat in the test



2
I skip the class



3
I write rude words on the blackboard









Cimahi, ___________, _____


1 komentar:

  1. Rifqi mengatakan...:

    Rpppppppppp.. lumayan tangel..

Posting Komentar

silakan tinggalkan kata-kata bijak anda .....