Satuan
Pendidikan : MAN Cimahi
Kelas : X
Semester : I
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenis
Teks : Transaksional
dan Interpersonal Text
Keterampilan : Berbicara (speaking)
Alokasi
Waktu : 2x40 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
- KOMPETENSI DASAR
Berbicara
3.1 Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) & interpersonal
(bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam lisan secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur: membuat janji,
menerima janji, dan menolak atau membatalkan janji.
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti
proses pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Mengungkapkan
pola-pola membuat janji.
2.
Mengungkapkan
pola-pola menyetujui janji.
3.
Mengungkapkan
pola-pola menolak atau membatalkan janji.
4.
Mengimplementasikan
pola-pola membuat janji dalam tindak tutur sederhana dengan santun.
5.
Mengimplemetasikan
pola-pola menyetujui janji dalam tindak tutur sederhana secara bersahabat.
6.
Mengimplementasikan
pola-pola menolak atau membatalkan janji dalam tindak tutur sederhana dengan jujur.
- MATERI PEMBELAJARAN
1. Expression
Ø Making
an appointment
-
I’d like to make
an appointment with ... please.
-
I’d like to
schedule a meeting with ....
-
I’d like to book
an appointment to see ..., please.
-
Could I schedule
a time to meet with ...?
-
What time is
best for you?
-
When would be a
good time for you?
-
Would 9.00 on
... be okay?
-
He’ll be on ....
-
Will ... be in
tomorrow?
-
Is ... available
next ...?
-
How about ... at
...?
Ø Accepting
an appointment
-
Okay.
-
Yes, that would
be just fine.
-
Thursday at
10.00 will be fine.
-
Friday at 11.00
sounds good.
-
Okay. Tuesday
morning at 9.
-
I’ll see you at
....
Ø Declining
an appointment
-
Monday at 8.00
is not good for me.
-
... will be out
on ....
-
Sorry, her
calendar is full on ....
-
... doesn’t have
time on ....
-
Wednesday is not
possible.
2. Grammar
Ø Tense:
Simple Future Tense ‘will/shall’
Ø Verbs:
Book, make, schedule.
3. Vocabulary
Ø Times
Ø Days
Ø Places
- METODE PEMBELAJARAN
Three-phase
Technique
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (10
menit)
a.
Berdoa bersama.
b.
Guru menyapa
siswa (greeting).
c.
Guru mengecek
kehadiran siswa.
d.
Guru memberi
motivasi.
e.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
2.
Kegiatan Inti (60
menit)
Eksplorasi
a.
Guru bertanya
kepada siswa tentang membuat janji (making appointment):
-
Have you ever
made an appointment with your friend?
-
What kind of
appointment have you made with him/her?
-
Did your friend
accept the appointment or not?
-
What did you say
if you accept an appointment?
-
What did you say
if you cancel the appointment?
b.
Guru meminta
siswa menceritakan pengalamannya membuat janji dengan seseorang.
Elaborasi
a.
Guru membagikan lembar kerja pada siswa.
b. Siswa secara berpasangan mengisi dialog rumpang
dengan kata-kata yang telah disediakan.
c. Siswa secara berpasangan
mengisi soal yang berkaitan dengan dialog.
d. Siswa secara
berpasangan mempraktekkan dialog tersebut di depan kelas.
e. Guru membenarkan pelafalan siswa yang kurang tepat.
Konfirmasi
a. Guru dan siswa mencocokkan pola-pola ungkapan
membuat janji, menerima janji dan menolak atau membatalkan janji pada dialog
yang telah dikerjakan pada kegiatan elaborasi.
b. Guru menegaskan tentang pola-pola ungkapan membuat
janji, menerima janji dan menolak atau membatalkan janji.
3.
Kegiatan Akhir
(10 menit)
a.
Guru menanyakan
kesulitan siswa selama proses pembelajaran.
b.
Guru bersama
siswa menyimpulkan materi pelajaran.
c.
Guru memberikan
penugasan kelompok untuk membuat dialog sederhana tentang membuat janji (making
appointment).
d.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
- SUMBER BELAJAR
Widiati, Utami. (2009).
English SMA/MA Grade X. Jakarta: Bumi Aksara.
Gambar-gambar yang
relevan.
- PENILAIAN
1.
Indikator
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1. Menyebutkan ungkapan-ungkapan membuat janji dengan
santun, menerima janji secara bersahabat dan menolak atau membatalkan
janji dengan jujur.
|
Tes
lisan
|
Responding
|
Lampiran
1
|
2. Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang
diberikan dengan percaya diri.
|
Unjuk
kerja
|
Role-play
|
Lampiran
2
|
2.
Rubrik Penilaian
a.
Berbicara
No
|
Uraian
|
Predikat
|
Skor
|
1-2
|
Lancar,
tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar.
|
Great
|
86-100
|
Kurang
lancar, tata bahasa dan kosa kata benar, pengucapan benar.
|
Good
|
71-85
|
|
Kurang
lancar, ada kesalahan tata bahasa dan kosa kata, pengucapan kurang sempurna.
|
Okay
|
56-70
|
|
Tidak
lancar, banyak kesalahan tata bahasa dan kosa kata, banyak kesalahan
pengucapan.
|
Poor
|
≤
55
|
b.
Observation
Checklist Karakter
No
|
Indikator Karakter
|
Nilai Kualitatif
|
Keterangan
|
1.
|
Kesantunan
|
||
a.
Banyak
menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb)
|
MK
|
Membudaya
Konsisten
|
|
b.
Beberapa kali
menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb)
|
MB
|
Mulai
Berkembang
|
|
c.
Satu dua kali
menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb)
|
MT
|
Mulai
Terlihat
|
|
d.
Tidak pernah
menggunakan ungkapan kesantunan (please, thanks, dsb)
|
BT
|
Belum
Terlihat
|
|
2.
|
Bersahabat
|
||
a.
Sering
menggunakan ungkapan kebersahabatan (yes, of course my friends, dsb)
|
MK
|
Membudaya
Konsisten
|
|
b.
Beberapa kali
menggunakan ungkapan kebersahabatan (yes, of course my friends, dsb)
|
MB
|
Mulai
Berkembang
|
|
c.
Satu dua kali
menggunakan ungkapan kebersahabatan (yes, of course my friends, dsb)
|
MT
|
Mulai
Terlihat
|
|
d.
Tidak pernah
menggunakan ungkapan kebersahabatn (yes, of course my friends, dsb)
|
BT
|
Belum
Terlihat
|
|
3.
|
Percaya diri
|
||
a.
Berbicara
tanpa ragu-ragu, ada kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tenang
|
MK
|
Membudaya
Konsisten
|
|
b.
Berbicara
sedikit ragu-ragu, beberapa kali menghindari kontak mata dengan lawan bicara,
bahasa tubuh kurang tenang dan wajar
|
MB
|
Mulai
Berkembang
|
|
c.
Sering
ragu-ragu, sering menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh
kurang tenang dan wajar
|
MT
|
Mulai
Terlihat
|
|
d.
Berbicara
ragu-ragu, menghindari kontak mata dengan lawan bicara, bahasa tubuh tidak
tenang dan tidak wajar
|
BT
|
Belum
Terlihat
|
c.
Instrumen
Penilaian
Lampiran
1
Task
12 Study the dialogue below, and then act it out with your friend.
Tini
|
:
|
Capital
Theatre. Can I help you?
|
Anita
|
:
|
Yes.
I’m asking if “The Adventure” is still showing tonight.
|
Tini
|
:
|
Yeah.
Tonight is the end of the show.
|
Anita
|
:
|
Can
I book for a 7 pm show, please?
|
Tini
|
:
|
Yes,
you can. How many persons are watching?
|
Anita
|
:
|
Three,
please.
|
Tini
|
:
|
Alright.
May I know who’s calling and what’s your phone number, please?
|
Anita
|
:
|
Sure.
Anita. My phone number is 4356743.
|
Tini
|
:
|
Thanks,
but you have to pick up the tickets 15 minutes before the show time, okay?
|
Anita
|
:
|
I’m
sure that I’ll be there a half an hour before the show time. Thank you very
much. Bye.
|
Tini
|
:
|
Bye.
See you then.
|
Lampiran
2
With
a partner, role play making a telephone to your friend to tell him/her that you
will spend your weekend in the mountain at your aunt’s bungalow. He/she agrees
to go with you. Tell him/her what time you will go, where you will meet before
you go, what you will do while you are at the bungalow.
d.
Lembar penilaian
1) Berbicara
No
|
Nama
|
Predikat
|
Skor
|
1
|
Susan Nur Aqidah
|
||
2
|
Yayat Nurhayati
|
||
4
|
Weni Warohmah
|
||
...
|
2) Lembar
pengamatan karakter
No
|
Nama
|
Karakter
|
Keterangan
|
||
Kesantunan
|
Bersahabat
|
Percaya Diri
|
|||
1
|
Susan
Nur Aqidah
|
||||
2
|
Yayat
Nurhayati
|
||||
4
|
Weni
Warohmah
|
||||
...
|
3) Lembar
evaluasi diri karakter kejujuran
Contoh self-assessment
Day/date :__________________________________________
Name :__________________________________________
Class :__________________________________________
Student’s
No :__________________________________________
Statements
|
Always
|
Sometimes
|
Never
|
I
honestly:
|
|||
Make
an appointment
|
|||
Accept
an appointment
|
|||
Decline
an appointment
|
4)
Honesty
Checklist on Obedience in Social Norms
Day/date :__________________________________________
Name :__________________________________________
Class :__________________________________________
Student’s
no :__________________________________________
Read
the statements and put a tick in the appropriate box
No
|
Statements
|
Never
|
Seldom
|
Often
|
1
|
I
cheat in the test
|
|||
2
|
I
skip the class
|
|||
3
|
I
write rude words on the blackboard
|
Cimahi,
___________, _____
Rpppppppppp.. lumayan tangel..